Minggu, 28 Desember 2014

Analisis VoIP



PENGERTIAN VOIP

VOIP (Voice Over Internet Protocol) merupakan salah satu teknologi yang menggabungkan teknologi jaringan internet dengan jaringan telepon. VOIP menggunakan jaringan internet untuk mengirimkan data-data suara (voice) secara realtime. Nama lain dari VOIP adalah IP Telephony, yaitu telepon menggunakan jaringan IP. Ada banyak penyedia jasa layanan VOIP di Indonesia mulai prabayar maupun gratis, tentu saja teknologi VOIP ini memudahkan pengguna yang memangmembutuhkan sarana menghubungkan kepada orang yang berada di suatu tempat yang terbilang jauh.

KEUNTUNGAN VOIP 
  •  Biaya lebih rendah untuk sambungan langsung jarak jauh. Penekanan utama dari VOIP adalah biaya. Dengan dua lokasi yang terhubung dengan internet maka biaya percakapan menjadi sangat rendah.  
  • Memanfaatkan infrastruktur jaringan data yang sudahada untuk suara. Berguna jika perusahaan sudah mempunyai jaringan. Jika memungkinkan jaringan yang ada bisa dibangun jaringan VOIP dengan mudah. Tidak diperlukan tambahan biaya bulanan untuk penambahan komunikasi suara.  
  • Penggunaan bandwith yang lebih kecil dari pada telepon biasa. Dengan majunya teknologi , penggunaan bandwith untuk voice sekarang ini menjadi sangat kecil. Teknik pemampatan data memungkinkan suara hanya membutuhkan sekitar 8kbps bandwith.  
  • Memungkinkan digabung dengan jaringan telepon lokal yang sudah ada. Dengan adanya gateway bentuk jaringan VOIP bisa disambungkan dengan PABX yang adadikantor. Komunikasi antar kantor bisa menggunakan pesawat telepon biasa.  
  • Berbagai bentuk jaringan VOIPbisa digabungkan menjadi jaringan yang besar. Contoh di Indonesia adalah VOIP Rakyat.  
  • Variasi penggunaan peralatan yang ada, misal dari PC sambung ke telepon biasa, IP phone handset.
 KELEMAHAN VOIP

  • Kualitas suara tidak sejernih jaringan PSTN. Merupakan efek dari kompresi suara dengan bandwith kecil maka akan ada penurunan kualitas suara dibandingkan jaringan PSTN konvensional. Namun jika koneksi internet yang digunakan adalah koneksi internet pita-lebar/broadband seperti Telkom Speedy, maka kualitas suara akan jernih bahkan lebih jernih dari sambungan Telkom dan tidak terputus-putus.
  • Ada jeda dalam berkomunikasi. Proses perubahan data menjadi suara, jeda jaringan, membuat adanya jeda dalam komunikasi dengan menggunakan VOIP. Kecuali jika menggunakan koneksi Broadband. 
  • Regulasi dari pemerintah Republik Indonesia membatasi penggunaan untuk disambung ke jaringan milik Telkom. 
  • Jika belum terhubung secara 24 jam ke internet perlu janji untuk saling berhubungan. 
  • Jika memakai internet dan komputer di belakang NAT (Network Address Translation), maka dibutuhkan konfigurasi khusus untuk membuat VOIP tersebut berjalan. 
  • Tidak pernah ada jaminan kualitas jika VOIP melewati internet. 
  • Peralatan relatif mahal. Peralatan VOIP yang menghubungkan antara VOIP dengan PABX (IP telephony gateway) relatif berharga mahal. Diharapkan dengan makin populernya VOIP ini maka harga peralatan tersebut juga mulai turun harganya. 
  • Berpotensi menyebabkan jaringan terhambat/stuck. Jika pemakaian VOIP semakin banyak, maka ada potensi jaringan data yang ada menjadi penuh jika tidak diatur dengan baik. Pengaturan bandwith adalah perlu agar jaringan di perusahaan tidak menjadi jenuh akibat pemakaian VOIP. 
  • Penggabungan jaringan tanpa dikoordinasi dengan baik akan menimbulkan kekacauan dalam sistem penomoran.
 
BEBERAPA PROVIDER DAN SOSIAL MEDIA YANG MENYEDIAKAN JASA LAYANAN VOIP

1. VoIP Rakyat
            Merupakan sebuah penyedia layanan VOIP dimana statusnya adalah open source jadi kita bisa langsung menggunakan layanan VOIP rakyat ini, namun sebelumnya kita diharuskan register terlebih dahulu menjadi member dengan mengunjungu http://www.voiprakyat.or.id kemudian kita juga harus mendownload softwarenya. Untuk tarif VOIP rakyat menetapkan gratis untuk komunikasi PC to PC.

2. Telkom Domestic Clearing house (TDC)
            Salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia yaitu PT. Telkom Tbk telah meluncurkan layanan telekomunikasi berbasis internet. VOIP yang cukup hemat dalam penggunaannya yang biasa disebut “telkom save” layanan VOIP yang diluncurkan adalah “telkom domestic clearing house” TDC. Dalam menjalankan layanan telekomunikasi VOIP ini Telkom tidak berjuang sendiri namun melakukan kerja sama terhadap perusahaan PT. Vasindo teleinternet sebagai pengelola layanan dan Telkom sebagai pengembangnya. Dari segi tarif bicara dikenakan biaya kurang lebih Rp.3000/menit untuk melakukan panggilan ke luar negeri.

3. Axis
            Provider yang masih terbilang baru ini juga mempunyai layanan VOIP dengan nama layanannya Axis VoIP untuk berkomunikasi internasional dengan harga lebih murah dibanding Telkomsel. Untuk tarifnya sendiri panggilan ke Kanada Rp. 87/menit , Rp.175/menit ke Singapura, Rp.250/menit ke Hongkong dan Rp.777/menit ke Brunei Darussalam.

4. Indosat Flat Call 01016
            Dengan adanya teknologi VOIP indosat meluncurkan Flat Call 01016 dengan kualitas yang cukup bagus dan biaya yang dikeluarkan sesuai dengan negara mana yang kita akan hubungi dari biaya yang dikenakan kurang lebih Rp.120/6detik, untuk lebih jelasnya tentang rincian biaya yang dikenakan sesuai negara yang dituju silahkan kunjungi situs resmi indosat.

5. The Net ISP
            The Net ISP memberikan layanan VOIP berupa webcall, PC to PC maupun PC to phone tarif PC to PC diberikan gratis sedangkan untuk PC to phone dikenakan biaiya Rp.1000/menit

6. Telkomsel
            Telkomsel yang merupakan sebuah provider senior ini mempunyai layanan VOIP dengan nama layanan SLI01052 yang lebih fokus ke panggilan internasional dengan tarif relatif mahal. Untuk tarifnya Rp.350/menit ke Singapura, Kanada, China, Hongkong, dan USA. Rp.660/menit ke Malaysia, dan Korea Selatan. Rp.1500/menit ke Yordania, Mesir, Kuwait, Bahrain, dan Arab Saudi.

7. Three 01089
            Tidak mau kalah dengan operator lain, 3 pun akhirnya menggunakan teknologi VOIP yang tidak kalah murahnya dengan operator penyedia layanan VOIP, PT. Hutchison CP telekom ini akhirnya memiliki license VOIP 01089 yang katanya menelepon interlokal ke luar negeri lebih murah dibandingkan menelepon lokal, hal ini dikarenakan penggunaan teknologi VOIP ini, biaya yang dikenakan untuk menggunakan layanan ini sekitar Rp.299/menit.

8. Esia
            Esia mempunyai layanan VOIP dengan nama VOIP 01010 dengan tarif Rp1,- per detik yang akan diterapkan untuk tujuan 10 negara: Brunei, Kanada, China, Hongkong, Korea Selatan, Malaysia, India, Singapura, Thailand dan Amerika, cukup dengan melakukan registrasi.

9. Skype
            Merupakan salah satu penyedia layanan VOIP yang cukup ekonomis untuk melakukan panggilan secara internasional, VOIP Skype ini sebenarnya Free bila orang lain yang kita hubungi menggunakan software Skype juga, namun bila orang yang kita hubungi tidak menggunakan software Skype hal ini pun bisa diatasi dengan membeli credit dari Skype-Out yang biasanya dalam bentuk USD, namun jangan khawatir biaya yang dikeluarkan pun sangat murah sekali 10cent USD/menit atau sekitar 900/menit.

10. Google Plus+
            Perusahaan besar Google Inc telah meluncurkan jejaring sosial yang sangat fenomenal yaitu Google Plus+, salah satu jejaring sosial saingan terberat Facebook ini telah menyediakan layanan VOIP yang bisa kita gunakan secara free dengan user lainnya sesama pengguna Google Plus+, bukan hanya layanan VOIP saja yang ditawarkan namun kita juga di manjakan dengan layanan webcam “Video Call” yang dinamakan “HangOut” dalam jejaring sosial tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar